Contoh Laporan PPL Guru Bahasa Inggris

BAB I
PENDAHULUAN

            Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan sekarang bisa dilakukan sejak dini, dari anak-anak hingga dewasa. Setiap harinya pendidikan berkembang dengan pesat. Dalam hal materi, media, dan juga kegiatan pembelajaran selalu bisa dilakukan dengan inovasi dan keatifitas guru untuk membuat siswa tertarik untuk mempelajari materi.
            Bahasa adalah alat kehidupan yang tidak bisa terlepas dari kegiatan manusia sehari hari. Masyarakat setiap harinya berkomunikasi menggunakan bahasa baik itu tertulis maupun lisan. Maka dari itu kegiatan belajar di sekolah memasukan bahasa lokal dan bahasa asing dalam daftar mata pelajaran. Di era globalisasi, bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dipelajari oleh masyarakat. Dengan mempelajari bahasa inggris, kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang diseluruh dunia dan dapat mengikuti perkembangan zaman.
            Mengajarkan bahasa inggris sejak dini di sekolah berarti secara tidak langsung mempersiapkan anak sejak dini untuk berani menghadapi beragam ciri era globalisasi. Hal tersebut juga akan menambah pengetahuan siswa tentang keberagaman bahasa yang ada di dunia. Siswa akan mengerti tentang struktur bahasa inggris yang berbeda dengan bahasa lainnya.
            Program pengalaman lapangan dengan mengajarkan bahasa inggris di sekolah akan menambah pengalaman kita unuk menjadi guru, agar kita mengerti tata cara menjadi guru untuk mendidik siswa tentang bahasa inggris. Selain itu, kita juga akan mengetahui situasi di kelas pada saat kegiatan belajar yang akan bermanfaat untuk kedepannya ketika kita menjadi guru.



BAB II
PELAKSANAAN PPL

A.    Jadwal PPL
            Hari                 : Selasa
            Tanggal           : 12 Januari 2016
            Pukul               : 11.05 – 12.15

B.     Pelaksanaan PPL
     Pendahuluan ( 10 menit )
1.         Guru memberi salam (greeting)
2.         Guru memeriksa kehadiran siswa
3.         Guru membahas cakupan garis besar dari materi minggu lalu
4.         Guru membahas tugas yang diberikan kepada siswa untuk mencari regular dan irregular verb yang telah diberikan minggu lalu.
     Kegiatan Inti ( 50 menit )
1.      Guru menjelaskan tentang perbedaan regular dan irregular verb yang digunakan dalam verb 2 pada simple past tense.
2.      Guru memberikan contoh jenis-jenis regular verb dalam simple past tense.
3.      Guru memberikan  contoh jenis-jenis irregular verb dalam simple past tense.
4.      Siswa menerapkan penggunaan regular dan irregular verb dalam kalimat simple past tense pada latihan soal.
5.      Guru menjelaskan materi yang kedua tentang struktur kalimat simple past tense dalam bentuk positif, negatif dan introgatif.
6.      Guru memberikan contoh mengubah kalimat positif menjadi negatif dan introgatif.
7.      Guru memberikan contoh mengubah kalimat negatif menjadi positif dan introgatif.
8.      Guru memberikan contoh mengubah kalimat introgatif menjadi positif dan negatif.
9.      Siswa mengerjakan latihan mengenai mengubah pola kalimat simple past tense yang tepat.
     Penutup ( 10 menit )
1.      Siswa dan guru membuat kesimpulan mengenai kedua materi.
2.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.      Guru menutup kelas dengan doa
4.      Guru memberi salam.

C.     Refleksi Diri
                Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya bisa menyelesaikan PPL selama satu hari di MI Ma’arif NU Sunan Drajat yang berada di Lamongan sebagai syarat untuk UAS mata kuliah TEFL. Banyak hal baru yang saya dapat dari PPL. Saya bisa belajar secara langsung bagaiman cara mengajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris. Dari pertama kali saya datang ke sekolah untuk konsultasi tentang PPL dan bertemu para guru, staf dan siswa sangat ramah. Untuk pertama kali di kelas 5D saya sebagai guru dipanggil miss Yusi, ada rasa bangga tersendiri.
                Kondisi ketika mengajar siswa kelas 5D sangat aktif sewajarnya seperti anak kecil. Ada yang aktif karena semangat dengan materi, namun ada juga yang aktif dengan kegiatan mereka sendiri hingga membuat kelas gaduh. Tetapi saya berusaha untuk melakukan pendekatan pada setiap masalah yang ada di kelas. Hal yang membuat saya senang adalah para siswa yang cepat memahami materi struktur dari simple past tense dan menganggap mudah materi regular dan irregular verb. Mereka selalu merespon apa yang saya tanyakan. Mereka bersemangat saling berebut ketika distunjuk maju untuk mengerjakan soal di papan tulis. Apabila tidak mengerti, mereka tidak malu untuk bertanya langsung kepada saya.
                Guru merupakan panutan bagi siswa. Guru harus mempunyai ide baru untuk mengembangkan materi. Profesionalisme seorang guru akan mampu membuat siswa tertarik dan semangat untuk belajar walaupun pada materi sulit sekalipun. Guru harus mampu bersabar dan tidak bersikap keras terhadap siswa.


















BAB III
HAMBATAN DAN PEMECAHANNYA

            Dalam pelaksanaan PPL ada beberapa kendala atau hambatan yang terjadi selama kegiatan pembelajaran antara lain :
1.      Ada beberapa siswa yang hiperaktif, mereka banyak tingkah dan melakukan aktifitas selain kegiatan pembelajaran seperti berlari, bermain dan berbicara sendiri. Cara memecahkan kendala tersebut adalah dengan menegur mereka pelan-pelan dan menyuruh kembali ke tempat duduk untuk kembali memperhatikan materi.
2.      Kelas gaduh dan berisik. Cara memecahkan kendala tersebut adalah dengan menambah volume suara saya agar dapat terdengar saat menyampaikan materi atau memberikan instruksi.













BAB IV
PENUTUP

A.                Kesimpulan
            Pelaksanaan PPL di MI Ma’arif NU Sunan Drajat berjalan lancar dan dari pelaksanaan tersebut dapat diperoleh banyak manfaat seperti penulis mengetahui cara mengajar secara langsung di sekolah dan cara mengendalikan siswa dalam kelas.  Melalui kegiatan pembelajaran tersebut, penulis bisa saling berbagi ilmu mengenai bahasa inggris dengan siswa melalui dua materi, yang pertama adalah regular dan Irregular verb yang digunakan dalam simple past tense, dan yang kedua adalah struktur kalimat positif, negatif dan introgatif dalam past tense. Dalam pelaksanaannya ditemui pula beberapa hambatan atau kendala yang berhasil dipecahkan oleh penulis dengan cara menjadi guru yang profesional.

B.                 Saran
            Saran dari penulis untuk pelaksanaan PPL yang akan datang adalah dengan menambah jumlah waktu PPL mengajar di sekolah seperti minimal pelaksanaan PPL harus selama satu minggu. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan PPL bisa maksimal dan akan menambah pengalaman yang didapat oleh mahasiswa.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Website Projects

Tips dan Trick Loker Freelance

Full Time Mommy Organize Time