Contoh Laporan PPL Guru Bahasa Inggris
BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan
sangatlah penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan sekarang bisa dilakukan
sejak dini, dari anak-anak hingga dewasa. Setiap harinya pendidikan berkembang
dengan pesat. Dalam hal materi, media, dan juga kegiatan pembelajaran selalu
bisa dilakukan dengan inovasi dan keatifitas guru untuk membuat siswa tertarik
untuk mempelajari materi.
Bahasa
adalah alat kehidupan yang tidak bisa terlepas dari kegiatan manusia sehari
hari. Masyarakat setiap harinya berkomunikasi menggunakan bahasa baik itu
tertulis maupun lisan. Maka dari itu kegiatan belajar di sekolah memasukan
bahasa lokal dan bahasa asing dalam daftar mata pelajaran. Di era globalisasi,
bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dipelajari oleh masyarakat.
Dengan mempelajari bahasa inggris, kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang
diseluruh dunia dan dapat mengikuti perkembangan zaman.
Mengajarkan
bahasa inggris sejak dini di sekolah berarti secara tidak langsung
mempersiapkan anak sejak dini untuk berani menghadapi beragam ciri era
globalisasi. Hal tersebut juga akan menambah pengetahuan siswa tentang
keberagaman bahasa yang ada di dunia. Siswa akan mengerti tentang struktur
bahasa inggris yang berbeda dengan bahasa lainnya.
Program
pengalaman lapangan dengan mengajarkan bahasa inggris di sekolah akan menambah
pengalaman kita unuk menjadi guru, agar kita mengerti tata cara menjadi guru
untuk mendidik siswa tentang bahasa inggris. Selain itu, kita juga akan
mengetahui situasi di kelas pada saat kegiatan belajar yang akan bermanfaat
untuk kedepannya ketika kita menjadi guru.
BAB II
PELAKSANAAN PPL
A. Jadwal
PPL
Hari : Selasa
Tanggal : 12 Januari 2016
Pukul : 11.05 – 12.15
B. Pelaksanaan
PPL
Pendahuluan
( 10 menit )
1.
Guru memberi salam (greeting)
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa
3.
Guru membahas cakupan garis besar dari
materi minggu lalu
4.
Guru membahas tugas yang diberikan kepada
siswa untuk mencari regular dan irregular verb yang telah diberikan minggu
lalu.
Kegiatan Inti ( 50 menit )
1. Guru
menjelaskan tentang perbedaan regular dan irregular verb yang digunakan dalam
verb 2 pada simple past tense.
2.
Guru memberikan contoh jenis-jenis regular
verb dalam simple past tense.
3.
Guru memberikan contoh jenis-jenis irregular verb dalam
simple past tense.
4.
Siswa menerapkan penggunaan regular dan
irregular verb dalam kalimat simple past tense pada latihan soal.
5.
Guru menjelaskan materi yang kedua tentang
struktur kalimat simple past tense dalam bentuk positif, negatif dan
introgatif.
6.
Guru memberikan contoh mengubah kalimat
positif menjadi negatif dan introgatif.
7.
Guru memberikan contoh mengubah kalimat
negatif menjadi positif dan introgatif.
8.
Guru memberikan contoh mengubah kalimat
introgatif menjadi positif dan negatif.
9.
Siswa mengerjakan latihan mengenai mengubah
pola kalimat simple past tense yang tepat.
Penutup ( 10 menit )
1.
Siswa dan guru membuat kesimpulan mengenai
kedua materi.
2.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
3.
Guru menutup kelas dengan doa
4.
Guru memberi salam.
C.
Refleksi Diri
Puji
syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena saya bisa menyelesaikan PPL
selama satu hari di MI Ma’arif NU Sunan Drajat yang berada di Lamongan sebagai
syarat untuk UAS mata kuliah TEFL. Banyak hal baru yang saya dapat dari PPL.
Saya bisa belajar secara langsung bagaiman cara mengajar siswa pada mata
pelajaran bahasa inggris. Dari pertama kali saya datang ke sekolah untuk
konsultasi tentang PPL dan bertemu para guru, staf dan siswa sangat ramah.
Untuk pertama kali di kelas 5D saya sebagai guru dipanggil miss Yusi, ada rasa
bangga tersendiri.
Kondisi
ketika mengajar siswa kelas 5D sangat aktif sewajarnya seperti anak kecil. Ada
yang aktif karena semangat dengan materi, namun ada juga yang aktif dengan
kegiatan mereka sendiri hingga membuat kelas gaduh. Tetapi saya berusaha untuk
melakukan pendekatan pada setiap masalah yang ada di kelas. Hal yang membuat
saya senang adalah para siswa yang cepat memahami materi struktur dari simple
past tense dan menganggap mudah materi regular dan irregular verb. Mereka
selalu merespon apa yang saya tanyakan. Mereka bersemangat saling berebut
ketika distunjuk maju untuk mengerjakan soal di papan tulis. Apabila tidak
mengerti, mereka tidak malu untuk bertanya langsung kepada saya.
Guru
merupakan panutan bagi siswa. Guru harus mempunyai ide baru untuk mengembangkan
materi. Profesionalisme seorang guru akan mampu membuat siswa tertarik dan
semangat untuk belajar walaupun pada materi sulit sekalipun. Guru harus mampu
bersabar dan tidak bersikap keras terhadap siswa.
BAB
III
HAMBATAN
DAN PEMECAHANNYA
Dalam pelaksanaan
PPL ada beberapa kendala atau hambatan yang terjadi selama kegiatan
pembelajaran antara lain :
1. Ada
beberapa siswa yang hiperaktif, mereka banyak tingkah dan melakukan aktifitas
selain kegiatan pembelajaran seperti berlari, bermain dan berbicara sendiri.
Cara memecahkan kendala tersebut adalah dengan menegur mereka pelan-pelan dan
menyuruh kembali ke tempat duduk untuk kembali memperhatikan materi.
2. Kelas
gaduh dan berisik. Cara memecahkan kendala tersebut adalah dengan menambah
volume suara saya agar dapat terdengar saat menyampaikan materi atau memberikan
instruksi.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pelaksanaan
PPL di MI Ma’arif NU Sunan Drajat berjalan lancar dan dari pelaksanaan tersebut
dapat diperoleh banyak manfaat seperti penulis mengetahui cara mengajar secara
langsung di sekolah dan cara mengendalikan siswa dalam kelas. Melalui kegiatan pembelajaran tersebut,
penulis bisa saling berbagi ilmu mengenai bahasa inggris dengan siswa melalui
dua materi, yang pertama adalah regular dan Irregular verb yang digunakan dalam
simple past tense, dan yang kedua adalah struktur kalimat positif, negatif dan
introgatif dalam past tense. Dalam pelaksanaannya ditemui pula beberapa
hambatan atau kendala yang berhasil dipecahkan oleh penulis dengan cara menjadi
guru yang profesional.
B.
Saran
Saran
dari penulis untuk pelaksanaan PPL yang akan datang adalah dengan menambah
jumlah waktu PPL mengajar di sekolah seperti minimal pelaksanaan PPL harus
selama satu minggu. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan PPL bisa maksimal dan
akan menambah pengalaman yang didapat oleh mahasiswa.
Komentar
Posting Komentar